img-feed img-feed-email

Akhirnya, Renault Bisa Tampil di Valencia

PARIS - Renault dipastikan tampil pada seri ke-11 Formula One (F1) pada GP Eropa, Minggu (23/8/2009). Ya, Fernando Alonso akhirnya bisa tampil di hadapan pendukungnya di Sirkuit jalan raya Valencia, setelah Renault memenangkan sidang banding yang digelar di Paris, Senin (17/8/2009) sore waktu setempat.

Seperti diketahui, sebelumnya FIA telah menjatuhkan hukuman melarang Renault ambil bagian pada GP Eropa akhir pekan ini. Hukuman ini tak lepas dari insiden lepasnya ban depan Fernando Alonso pada GP Hungaria, akhir Juli lalu. Dalam insiden ini, FIA mengklaim Renault telah melanggar regulasi yang telah di tetapkan dan membahayakan keselamatan dengan membiarkan mobil keluar dari pitstop sebelum benar-benar dinyatakan aman.

Namun, kubu Renault langsung menolak hukuman tersebut dan mengajukan banding. Skuad yang bermarkas di Enstone ini menilai kejadian yang dialami Alonso sama sekali bukan unsur kesengajaan, melainkan keteledoran segelintir pihak. Lebih lanjut, Renault juga menegaskan jika para mekanik tidak mengetahui kesalahannya itu, hingga akhirnya ban depan Alonso terpental.

Dalam banding yang dilakukan di Paris, FIA akhirnya menerima banding yang diajukan Renault. Ini tak lepas dari pernyataan sejumlah saksi yang hadir memberikan pernyataannya dalam persidangan. Meski begitu, FIA tetap menjatuhkan hukuman berupa sanksi denda USD50.000 kepada tim pabrikan asal Prancis itu.

"Renault mengakui, mereka telah melanggar regulasi dan membahayakan keselamatan. Dalam kasus ini, mereka gagal memberi jaminan bahwa mobil nomor 7 telah cukup aman baik untuk latihan maupun lomba. Mereka tetap membiarkan mobil keluar dari pitstop meski kondisi mobil belum sepenuhnya aman. Namun, mereka telah mengajukan diri kepada pengadilan untuk memberikan keringanan atas hukuman yang dijatuhkan stewards," bunyi pernyataan FIA, sebagaimana dilaporkan Autosport, Selasa (18/8/2009).

"Setelah mendengar keterangan dari sejumlah pihak yang terkait, pengadilan akhirnya memutuskan:
1. Menerima permohonan banding dan membatalkan sanksi yang telah dijatuhkan steward.
2. Memberikan teguran dan menjatuhkan sanksi berupa denda sebesar USD50.000 kepada Renault" lanjut pernyataan FIA.

Posts Recentes

Comentários Recentes

 
▲ TOPO ▲